Studi Kasus tentang Merek Indonesia yang Sukses dengan Konten Marketing


Konten Marketing adalah tren baru dalam pemasaran produk yang bertujuan untuk menarik khalayak luas untuk mengetahui dan membeli barang dagangan Anda. Strategi pemasaran ini dianggap lebih efektif daripada iklan karena orang sekarang kebal terhadap promosi produk langsung. Sekarang iklan hanya digunakan sebagai distribusi konten yang merupakan bagian dari strategi pemasaran di era digital.

Dengan menggunakan konten untuk tujuan pemasaran, orang juga akan lebih mempercayai bisnis Anda karena dianggap kredibel dengan memiliki konten yang bermanfaat. Beberapa pemilik bisnis di Indonesia juga telah menerapkan strategi Konten Marketing untuk menarik audiens. Apa saja merek-merek ini?

Eiger
Pada penghargaan 2018 Indonesia Content Marketing Award (ICMA), Eiger memenangkan dua kategori sekaligus yaitu "Implementasi Konten Marketing Terbaik dalam Kategori Pakaian" dan "Implementasi Konten Marketing Terbaik Tahun Ini". Ini tidak dapat dipisahkan dari keseriusan Eiger menerapkan strategi Konten Marketing dari konten yang mereka buat untuk memasarkan suatu produk.

Bisnis peralatan aktivitas luar ruangan ini dianggap layak memenangkan kategori karena kontennya bukan hanya tentang menjual produk. Eiger dapat memaksimalkan berbagai platform situs web seperti eigeradventure.com, microsite theblackborneoexpedition.com, majalah digital eigeradventurenews.com, buletin, dan media sosial. Dengan konten berkualitas di berbagai platform, 

Eiger dapat menangkap audiens target mereka. Banyak yang tertarik untuk membeli produk Eiger berkat kisah merek yang diciptakan melalui strategi Konten Marketing.
Anda dapat melihat sendiri di situs web Eiger bagaimana mereka melakukan strategi Konten Marketing untuk berbagai produk. Eiger juga tidak segan mengajak artis dan musisi terkenal di Indonesia untuk berkolaborasi. Salah satu konten yang banyak disukai oleh penonton di situs web Eiger adalah bagian pendidikan yang berisi serba serbi kegiatan di luar ruangan seperti petualangan ke gunung atau melakukan ekspedisi di suatu daerah dengan tidak lupa menyelipkan promosi produk Eiger di dalamnya.

Pocari Sweat
Pocari Sweat juga memenangkan "Implementasi Konten Marketing Terbaik di Industri Minuman" pada penghargaan 2018 "Indonesia Content Marketing Award". Hal ini juga tidak terlepas dari strategi pemasaran produk Pocari Sweat yang bukan hanya iklan.
Rekam jejak Konten Marketing Pocari Sweat dapat dilihat sejak 2015 dengan melakukan penceritaan merek melalui video interaktif #KejarBiru. Dalam video ini, Pocari Sweat mencakup pendidikan tentang pentingnya mempertahankan ION selama puasa dan promosi produk isotonik dari Pocari Sweat.

Pada tahun 2018, Pocari Sweat juga mengadakan Kompetisi Dance Cover Sweat untuk mengakomodasi bakat anak muda Indonesia dan mengajak mereka untuk berani berkeringat demi mewujudkan impian mereka. Strategi Konten Marketing yang dilakukan oleh Pocari Sweat bukan hanya tentang promosi produk tetapi juga mengajak audiens untuk mengetahui bisnis yang mereka jalankan sehingga kepercayaan pelanggan terbentuk di dalamnya.

Royco
Merek penyedia bumbu ini juga memenangkan kategori "Implementasi Konten Marketing Terbaik di Industri Makanan" di ICMA 2018. Strategi pemasaran yang dilakukan melalui situs web ini secara efektif mencapai target audiens yang umumnya wanita dan ibu rumah tangga.
Royco menyediakan konten gratis tentang berbagai resep melalui video demo memasak, tips dan trik memasak, hingga metode pengolahan bahan. Dengan beragam resep yang disediakan, Royco secara tidak langsung menyelipkan promosi produk dan menciptakan branding sendiri.
Konten tentang resep juga akan membuat khalayak percaya bahwa Royco adalah merek tepercaya karena dapat memberikan konten yang bermanfaat. Daripada ke titik penjualan produk, memberikan resep dianggap lebih menarik bagi audiens karena sesuai dengan kebutuhan sehari-hari mereka.

Anda juga dapat melakukan branding pada bisnis Anda dengan menciptakan Konten Marketing yang tepat. Pikirkan saja hal-hal apa saja jika masih berhubungan dengan produk yang Anda jual dan jadikan sebagai metode pemasaran. Semoga menginspirasi!


Artikel Terkait

Studi Kasus tentang Merek Indonesia yang Sukses dengan Konten Marketing
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email