Studi Kasus tentang Merek Indonesia yang Sukses dengan Konten Marketing


Konten Marketing adalah tren baru dalam pemasaran produk yang bertujuan untuk menarik khalayak luas untuk mengetahui dan membeli barang dagangan Anda. Strategi pemasaran ini dianggap lebih efektif daripada iklan karena orang sekarang kebal terhadap promosi produk langsung. Sekarang iklan hanya digunakan sebagai distribusi konten yang merupakan bagian dari strategi pemasaran di era digital.

Dengan menggunakan konten untuk tujuan pemasaran, orang juga akan lebih mempercayai bisnis Anda karena dianggap kredibel dengan memiliki konten yang bermanfaat. Beberapa pemilik bisnis di Indonesia juga telah menerapkan strategi Konten Marketing untuk menarik audiens. Apa saja merek-merek ini?

Eiger
Pada penghargaan 2018 Indonesia Content Marketing Award (ICMA), Eiger memenangkan dua kategori sekaligus yaitu "Implementasi Konten Marketing Terbaik dalam Kategori Pakaian" dan "Implementasi Konten Marketing Terbaik Tahun Ini". Ini tidak dapat dipisahkan dari keseriusan Eiger menerapkan strategi Konten Marketing dari konten yang mereka buat untuk memasarkan suatu produk.

Bisnis peralatan aktivitas luar ruangan ini dianggap layak memenangkan kategori karena kontennya bukan hanya tentang menjual produk. Eiger dapat memaksimalkan berbagai platform situs web seperti eigeradventure.com, microsite theblackborneoexpedition.com, majalah digital eigeradventurenews.com, buletin, dan media sosial. Dengan konten berkualitas di berbagai platform, 

Eiger dapat menangkap audiens target mereka. Banyak yang tertarik untuk membeli produk Eiger berkat kisah merek yang diciptakan melalui strategi Konten Marketing.
Anda dapat melihat sendiri di situs web Eiger bagaimana mereka melakukan strategi Konten Marketing untuk berbagai produk. Eiger juga tidak segan mengajak artis dan musisi terkenal di Indonesia untuk berkolaborasi. Salah satu konten yang banyak disukai oleh penonton di situs web Eiger adalah bagian pendidikan yang berisi serba serbi kegiatan di luar ruangan seperti petualangan ke gunung atau melakukan ekspedisi di suatu daerah dengan tidak lupa menyelipkan promosi produk Eiger di dalamnya.

Pocari Sweat
Pocari Sweat juga memenangkan "Implementasi Konten Marketing Terbaik di Industri Minuman" pada penghargaan 2018 "Indonesia Content Marketing Award". Hal ini juga tidak terlepas dari strategi pemasaran produk Pocari Sweat yang bukan hanya iklan.
Rekam jejak Konten Marketing Pocari Sweat dapat dilihat sejak 2015 dengan melakukan penceritaan merek melalui video interaktif #KejarBiru. Dalam video ini, Pocari Sweat mencakup pendidikan tentang pentingnya mempertahankan ION selama puasa dan promosi produk isotonik dari Pocari Sweat.

Pada tahun 2018, Pocari Sweat juga mengadakan Kompetisi Dance Cover Sweat untuk mengakomodasi bakat anak muda Indonesia dan mengajak mereka untuk berani berkeringat demi mewujudkan impian mereka. Strategi Konten Marketing yang dilakukan oleh Pocari Sweat bukan hanya tentang promosi produk tetapi juga mengajak audiens untuk mengetahui bisnis yang mereka jalankan sehingga kepercayaan pelanggan terbentuk di dalamnya.

Royco
Merek penyedia bumbu ini juga memenangkan kategori "Implementasi Konten Marketing Terbaik di Industri Makanan" di ICMA 2018. Strategi pemasaran yang dilakukan melalui situs web ini secara efektif mencapai target audiens yang umumnya wanita dan ibu rumah tangga.
Royco menyediakan konten gratis tentang berbagai resep melalui video demo memasak, tips dan trik memasak, hingga metode pengolahan bahan. Dengan beragam resep yang disediakan, Royco secara tidak langsung menyelipkan promosi produk dan menciptakan branding sendiri.
Konten tentang resep juga akan membuat khalayak percaya bahwa Royco adalah merek tepercaya karena dapat memberikan konten yang bermanfaat. Daripada ke titik penjualan produk, memberikan resep dianggap lebih menarik bagi audiens karena sesuai dengan kebutuhan sehari-hari mereka.

Anda juga dapat melakukan branding pada bisnis Anda dengan menciptakan Konten Marketing yang tepat. Pikirkan saja hal-hal apa saja jika masih berhubungan dengan produk yang Anda jual dan jadikan sebagai metode pemasaran. Semoga menginspirasi!


Cara Sederhana Menginstal Tema WordPress


WordPress adalah salah satu CMS paling populer di kalangan pengguna web hosting Indonesia. Jika demikian, mungkin alasannya adalah karena WordPress dianggap ramah pengguna dan kaya fitur. Selain itu, juga sangat mudah digunakan untuk beberapa keperluan, misalnya bisnis online. Nah, bagi Anda yang baru mengenal WordPress CMS, saatnya untuk memaksimalkan layanan hosting murah yang sedang digunakan sehingga situs web Anda akan terlihat lebih menarik. Berikut adalah 3 cara sederhana untuk menginstal / mengubah tema di WordPress.

Metode 1: Instal Online
Cara pertama yang dapat dilakukan pengguna hosting web Indonesia adalah mencari tema online. Anda dapat mengklik tombol 'Penampilan', lalu pilih 'Tema' dan klik 'Tambah Tema Baru'.
Jika Anda telah mengklik 'Tambah Tema Baru', Anda akan menemukan bidang pencarian. Di kolom itu, Anda cukup mengetik nama tema yang diinginkan. Jika demikian, maka Anda hanya perlu mengaktifkan tema.

Metode 2: Unggah melalui WordPress
Yang kedua adalah menginstal tema melalui unggah. Dengan menggunakan metode ini, Anda yang juga pengguna hosting murah harus mengunduh file tema terlebih dahulu, melalui situs yang menyediakan format .zip. Situs yang bisa Anda pakai adalah topwpthemes atau themify.
Jika Anda sudah mengunduh format .zip, Anda sekarang bisa menginstalnya.

Setelah Anda mengunduh tema yang Anda inginkan ke komputer (PC) Anda, maka kami harus mengunggahnya ke WordPress kami melalui kolom unggah yang ada dalam menu dengan pencarian.
Langkah 1: Klik "Unggah Tema"
Langkah 2: Klik "Pilih File"
Setelah mengklik "Pilih File", kita harus memilih file tema dalam format zip yang telah kita unduh sebelumnya ke komputer kita.
Langkah 3: Klik "Instal Sekarang"
Setelah kita klik "Instal Sekarang", apa yang terjadi selanjutnya adalah WordPress akan mengunggah file tema ke dalam instalasi WordPress-nya, dan inilah yang kita sebut proses instalasi tema WordPress.
Langkah 4: Setelah proses instalasi tema WordPress selesai, klik "Aktif Sekarang" untuk mengaktifkan tema baru
Metode 3: Unggah file tema melalui cPanel / FTP
Cara terakhir yang bisa dilakukan oleh pengguna web hosting Indonesia adalah menggunakan cPanel. Di sini, Anda hanya perlu masuk ke cPanel dan mengunggah file tema melalui File Manager di cPanel atau FTP.
Langkah 1: setelah masuk ke cPanel, klik ikon "File Manager"
Langkah 2: cari folder instalasi WordPress Anda, lalu klik dua kali pada folder konten-wp
Langkah 3: klik dua kali pada folder tema
Langkah 4: ini adalah tempat semua file tema WordPress Anda ditempatkan. Klik ikon "Unggah" untuk memulai proses mengunggah file tema WordPress dalam format zip
Langkah 5: klik tombol "Browse" untuk memilih file tema yang Anda unduh sebelumnya.
Perhatikan indikator unggah file di sebelas kanan bawah layar Anda
Langkah 6: jika proses pengunggahan selesai, kembali ke tab di browser Anda sebelumnya, lalu klik "Muat Ulang"
Langkah 7: klik pada file zip yang berhasil diunggah, lalu klik ikon "Extract"
Langkah 8: klik tombol "Extract File (s)"
Proses ekstraksi akan dilakukan dan jika sudah selesai.
Langkah 9: Maka Anda hanya perlu mengaktifkan (aktif) tema yang dipermasalahkan melalui dashboard WordPress.