Studi Kasus tentang Merek Indonesia yang Sukses dengan Konten Marketing
Konten Marketing adalah tren baru dalam pemasaran produk yang
bertujuan untuk menarik khalayak luas untuk mengetahui dan membeli barang
dagangan Anda. Strategi pemasaran ini dianggap lebih efektif daripada iklan
karena orang sekarang kebal terhadap promosi produk langsung. Sekarang iklan
hanya digunakan sebagai distribusi konten yang merupakan bagian dari strategi
pemasaran di era digital.
Dengan menggunakan konten untuk
tujuan pemasaran, orang juga akan lebih mempercayai bisnis Anda karena dianggap
kredibel dengan memiliki konten yang bermanfaat. Beberapa pemilik bisnis di
Indonesia juga telah menerapkan strategi Konten Marketing untuk menarik
audiens. Apa saja merek-merek ini?
Eiger
Pada penghargaan 2018 Indonesia
Content Marketing Award (ICMA), Eiger memenangkan dua kategori sekaligus yaitu
"Implementasi Konten Marketing Terbaik dalam Kategori Pakaian" dan
"Implementasi Konten Marketing Terbaik Tahun Ini". Ini tidak dapat
dipisahkan dari keseriusan Eiger menerapkan strategi Konten Marketing dari
konten yang mereka buat untuk memasarkan suatu produk.
Bisnis peralatan aktivitas luar
ruangan ini dianggap layak memenangkan kategori karena kontennya bukan hanya
tentang menjual produk. Eiger dapat memaksimalkan berbagai platform situs web
seperti eigeradventure.com, microsite theblackborneoexpedition.com, majalah
digital eigeradventurenews.com, buletin, dan media sosial. Dengan konten
berkualitas di berbagai platform,
Eiger dapat menangkap audiens
target mereka. Banyak yang tertarik untuk membeli produk Eiger berkat kisah
merek yang diciptakan melalui strategi Konten Marketing.
Anda dapat melihat sendiri di
situs web Eiger bagaimana mereka melakukan strategi Konten Marketing untuk
berbagai produk. Eiger juga tidak segan mengajak artis dan musisi terkenal di
Indonesia untuk berkolaborasi. Salah satu konten yang banyak disukai oleh
penonton di situs web Eiger adalah bagian pendidikan yang berisi serba serbi
kegiatan di luar ruangan seperti petualangan ke gunung atau melakukan ekspedisi
di suatu daerah dengan tidak lupa menyelipkan promosi produk Eiger di dalamnya.
Pocari Sweat
Pocari Sweat juga memenangkan
"Implementasi Konten Marketing Terbaik di Industri Minuman" pada
penghargaan 2018 "Indonesia Content Marketing Award". Hal ini juga
tidak terlepas dari strategi pemasaran produk Pocari Sweat yang bukan hanya
iklan.
Rekam jejak Konten Marketing
Pocari Sweat dapat dilihat sejak 2015 dengan melakukan penceritaan merek
melalui video interaktif #KejarBiru. Dalam video ini, Pocari Sweat mencakup
pendidikan tentang pentingnya mempertahankan ION selama puasa dan promosi
produk isotonik dari Pocari Sweat.
Pada tahun 2018, Pocari Sweat
juga mengadakan Kompetisi Dance Cover Sweat untuk mengakomodasi bakat anak muda
Indonesia dan mengajak mereka untuk berani berkeringat demi mewujudkan impian
mereka. Strategi Konten Marketing yang dilakukan oleh Pocari Sweat bukan hanya
tentang promosi produk tetapi juga mengajak audiens untuk mengetahui bisnis
yang mereka jalankan sehingga kepercayaan pelanggan terbentuk di dalamnya.
Royco
Merek penyedia bumbu ini juga
memenangkan kategori "Implementasi Konten Marketing Terbaik di Industri
Makanan" di ICMA 2018. Strategi pemasaran yang dilakukan melalui situs web
ini secara efektif mencapai target audiens yang umumnya wanita dan ibu rumah
tangga.
Royco menyediakan konten gratis
tentang berbagai resep melalui video demo memasak, tips dan trik memasak,
hingga metode pengolahan bahan. Dengan beragam resep yang disediakan, Royco
secara tidak langsung menyelipkan promosi produk dan menciptakan branding
sendiri.
Konten tentang resep juga akan
membuat khalayak percaya bahwa Royco adalah merek tepercaya karena dapat
memberikan konten yang bermanfaat. Daripada ke titik penjualan produk,
memberikan resep dianggap lebih menarik bagi audiens karena sesuai dengan
kebutuhan sehari-hari mereka.
Anda juga dapat melakukan
branding pada bisnis Anda dengan menciptakan Konten Marketing yang tepat.
Pikirkan saja hal-hal apa saja jika masih berhubungan dengan produk yang Anda
jual dan jadikan sebagai metode pemasaran. Semoga menginspirasi!